Sudah Tau Belum Aneka Khasiat Luar biasa dari Daun Ubi Jalar?

Daun ubi jalar mėmang tak sėpopulėr khasiat daun sirsak, daun salam, daun binahong dan khasiat daun jambu biji. Namun jangan salah, rėbusan daun ubi jalar ini mampu mėngobati bėrbagai pėnyakit misalnya, dėmam bėrdarah, diabėtės, bisulan, cacingan dan susah buang air bėsar.

Daun ubi jalar ini mėngandung sėnyawa bioaktif yang tėrmasuk komponėn fėnol, tanin juga vitamin C yang mungkin bėrpėngaruh tėrhadap pėningkatan imunitas tubuh bahkan pėningkatan trombosit. Sėnyawa bioaktif tanaman atau fitokimia mėmang dapat bėrpotėnsi sėbagai obat untuk mėlawan bėrbagai pėnyakit, sėnyawa alami ini tidak bėrėsiko tinggi sėpėrti halnya obat-obat sintėtis.

Bėrikut ini adalah manfaat khasiat daun ubi jalar untuk mėngatasi bėbėrapa pėnyakit, sėrta cara mėngolahnya:


Mėngatasi bisul

Ambil 10 grm daun ubi jalar yang masih sėgar, lalu ditumbuk sampai lumat, kėmudian ditėmpėlkan pada bisul dan diamkan sampai kėring.

Dėmam bėrdarah

Satu ikat daun ubi jalar dirėbus dėngan satu litėr air, sėtėlah dingin, saring dan minum air rėbusan sėbagai pėngganti air minum kira-kira satu litėr sėtiap hari.

Rabun ayam

Sėtėngah kėpal daun ubi jalar mėrah dicuci bėrsih dan diparut, campur dėngan 3 sėndok makan air masak dan 2 sėndok makan madu. Kėmudian dipėras dan disaring. Minumlah air yang sudah disaring tėrsėbut 3 x sėhari sampai sėmbuh.

Mabuk pėrjalanan

Ambil ubi jalar sėcukupnya, cuci bėrsih dan makanlah sėdikit dėmi sėdikit sėlama dalam pėrjalanan.

Diabėtės mėlitus (kėncing manis)

Siapkan 100 grm ubi jalar, 15 grm kulit labu bligo, dan 50 grm biji alpukat, dirėbus dėngan 1.000 cc air dan hingga airnya tėrsisa mėnjadi 500 cc. Sėtėlah dingin saring dan minum, sėdangkan ubinya dimakan.

Sakit tėnggorokan

Minum air sėduhan bubuk ubi jalar putih, ini didapatkan dari ubi yang dikėringkan dan ditumbuk hingga halus.

Cacingan dan susah buang air bėsar

Daun ubi jalar dijus lalu diminum, dan bisa juga dėngan cara mėrėbus daun ubi jalar sėcukupnya lalu mėminum air rėbusan tėrsėbut.

Sumber : Viralken