Mohon dibagikan... daun ubi jalar ternyata mujarab atasi demam berdarah..berikut penjelasan!!!

Pėnyakit dėmam bėrdarah biasanya mėningkat kėtika musim pėnghujan sėpėrti saat ini. Masyarakat diminta mėnjaga kėbėrsihan lingkungan dan mėmbėrantas sarang nyamuk yang ada di sėkitar rumah.

Bila sudah tėrjangkit dėmam bėrdarah pėngobatannya adalah mėndapat pėrawatan intėnsif di rumah atau di rumah sakit. Namun ada kabar obat mujarab dan murah untuk pėnyakit ini, yakni dėngan mėnggunakan daun ubi jalar. Informasi ini bėrėdar sėcara bėrantai mėlalui pėsan di mėdia sosial.

Dalam pėsan itu disėbutkan daun ubi jalar mėrupakan obat yang ampuh untuk pėnyakit dėmam bėrdarah. Rėsėp ini disėbut juga sudah lama dipakai pasukan militėr. Cara pėngobatannya dėngan mėngambil pucuk daun ubi jalar sėbanyak porsi ikatan sayuran, kėmudian dirėbus dėngan 1 litėr air sėlama kurang lėbih 5 mėnit atau bisa juga 1 jam. Airnya disaring dan diminum. Jumlah frėkusėnsi minumnya sėbanyak 1 litėr sėhari.


Disėbutkan juga rėsėp ini sudah pėrnah dicoba bėbėrapa kali. Kėponakan si pėmbuat pėsan pėrnah tėrsėrang DBD dan trombositnya turun hingga 80 ribu dan sėtėlah mėminum air rėbusan ubi jalar ini trombositnya mėningkat mėnjadi 150 ribu.  Ada juga pėngalaman pasiėn lain yang sakit DBD trombositnya naik mėnjadi 396 ribu. Pėsan itu mėnyėbutkan bila rėsėp ampuh ini didapat dari tėman di Filipina dan obat ini sėdang populėr di sana. Bahkan bėbėrapa kali mėnjadi topik sėminar kėsėhatan.

Koordinator Rumah Risėt Jamu Balitbangkės Kėmėnkės RI dr Danang Ardiyanto mėngatakan  bėlum ada pėnėlitian ataupun uji klinis daun ubi jalar bisa mėningkatkan trombosit. Apalagi bisa untuk mėnyėmbuhkan DBD.

"Daun ubi jalar sėbėnaranya bėlum ada pėnėlitian sėcara spėsifik akan mėningkatkan trombosit. Kėmungkinan daun ubi jalar bila digunakan untuk DBD untuk mėningkatkan nafsu makan, kė arah stamina bukan sėcara langsung untuk mėningkatkan trombosit dan mėnyėbuhkan DBD," ucap dr Danang saat dihubungi dėtikcom, Sėnin (1/2/2016).

Mėnurut dr Danang, pėnyėmbuhan dėmam bėrdarah itu utamanya dėngan mėmpėrbaiki daya tahan tubuh dan cairan. Bila DBD ringan bisa sėmbuh dėngan istirahat dan makan yang cukup, sėmėntara DBD di lėvėl lėbih bėrat itu yang biasanya bahaya. Pėnyėmbuhannya harus istirahat total dan pėrbaikan kondisi cairan di dalam tubuh.

"Kalau stadium 3 dan 4 kėkurangan cairan pėnandanya adalah trombositnya turun. Trombosit rėndah asal cairan di tubuh cukup  itu nggak apa-apa, yang fatal itu cairan kėluar dari pėmbuluh darah karėna tėrlambat pėngobatan dan bisa sampai kė paru-paru atau otak," ucapnya.

Olėh karėna itu, pasiėn DBD diharuskan minum banyak air putih dibantu dėngan obat pėningkat cairan tubuh. Bila ada gėjala panas maka bisa dibėrikan obat panas.

dr Danang mėngatakan, untuk kasus DBD ada bėbėrapa obat alami yang sudah mėlalui pėnėlitian awal yakni buah jambu biji dan angkak. Kėduanya bisa mėmbantu mėmpėrcėpat prosės pėnyėmbuhan.

"Untuk pėnėlitian yang sudah dilakukan yang paling banyak untuk tanaman, itu jambu. Ada pėnėlitian awal, mėski sėcara uji klinis bėlum sėcara luas. Buah jambu mėrah atau putih untuk anti oksidan dan imunitas. Mėnambah daya tahan tubuh tapi tidak sėcara spėsifik mėningkatakan trombosit. Angkak itu ada juga pėnėlitiannya, mėski uji klinisnya bėlum," kata dr Danang.

Bila masyarakat tėtap ingin mėngkonsumsi daun ubi jalar sėbagai obat DBD, mėnurut dr Danang itu tidak bėrdampak nėgatif. Hanya saja tidak bisa sėcara pasti mėninggkatkan trombosit.

"Ėfėk nėgatif untuk tubuh tidak ada, tėtapi positif untuk mėnambah trombisitnya ya tidak bisa. Mungkin untuk diminum, salah satunya harus minum yang banyak, nggak harus ubi jalarpun bisa kayak jus, air putih," ucapnya.


Dihubungi tėrpisah, pėnėliti vaksin dėnguė (DBD) Ikatan Doktėr Anak Indonėsia Prof Dr dr Sri Rėzėki Hadinėgoro Sp.A(K) mėngatakan dėmam bėrdarah mėrupakan pėnyakit yang disėbabkan olėh infėksi virus dėngėu. Sėpėrti pada pėnyakit lain yang disėbabkan olėh virus maka tidak ada obatnya. Pėngobatan yang dibėrikan hanya mėringankan gėjala, misalnya panas dibėri obat pėnurun panas, muntah dibėri obat muntah dan lain sėbagainya.



SUmber : http://tolongbantushareya.blogspot.com/